jump to navigation

Kegiatan FJ

AGENDA KSEI-KSEI JABODETABEK Oktober – November 2010

Komisariat Tangerang

KSEI SAFF STAN
SAFF STAN insya Alloh akan mengadakan Kajian Fiqih Muamalah Maliyah dengan tema “Langkah Emas Pengusaha Muslim” bersama Ust. Zainal Abidin, Lc pada:
hari,tanggal: Sabtu, 30 Oktober 2010pukul: 09.00-dzuhur tempat: Masjid Baitul Maal, STAN, Bintaro sektor 5
Gratis….terbuka untuk umum…
presented by:SHARIA ACCOUNTING & FINANCE FORUM (SAFF)

KSEI LISENSI UIN JAKARTA
Lisensi Goes To Bank Indonesia
Selasa, 2 November 2010
Pkl : 08.00 – 12.00
Agenda : Seminar Sehari di BI dengan tema :
“ Inflation Targeting “ dan “Pengelolaan Devisa”
Info lengkap : http://www.facebook.com/?ref=home#!/photo.php?fbid=1662211759999&set=a.1596852006046.2079520.1378362967

Komisariat Bogor

KSEI SES- C IPB
Aslm. Info Lomba:
ESSAY COMPETITION
Tema: “Peran Ekonomi Syariah dlm Pengembangan dan Pemerataan Ksejahteraan Sosial”.
trbuka utk mahasiswa dsluruh Indonesia..
krim esai via email k season6@live.com plg lmbat 1 November,
…hadiah jutaan rupiah..
Form pndaftaran: www.season6.co.tv
Organized by SES-C FEM IPB

____________________________________________________________________________________

Diskusi hangat Komsat Bogor tentang “OUTLOOK Perbankan Syariah 2010” @ SISKA

Oleh: FoSSEI Jabodetabek

Rabu, 23 Desember 2009 di STEI Tazkia diadakan acara perdana SISKA. SISKA (Silaturahim dan Kajian) ini merupakan acara yang bermaksud untuk mempererat silaturrahmi antar pengurus KSEI yang ada di komsat Bogor. Siska yang perdana ini dihadiri utusan masing-masing KSEI yang ada di komsat Bogor, mulai dari utusan IPB, UIKA dan Tazkia sendiri. Dalam acara ini diisi kajian yang bertema  “OUTLOOK Perbankan Syariah  2010 “. Kajian ini diisi oleh dua pembicara : Aam Slamet Rusydiana, S.EI (sebagai pihak yang pesimis ) dan Abdul Wahid Alfaizin ( yang juga merupakan Koordinator Komisariat Bogor FJ, sebagai pihak yang optimis ).

Kajian diawali dengan pemaparan data-data yang mengarah kepada lambannya perkembangan perbankan syariah dari tahun ke tahun oleh sdr. Aam slamet. Menurutnya  perbankan syariah yang saat ini hanya memiliki asset 2%, pada tahun 2010 tidak akan bisa mencapai 5%. Fakta lain yang dikemukakan adalah melihat dari NPF ( non performing financing ) bank syariah selama tahun 2009 lebih dari 5 %, yang berarti merupakan ciri-ciri ketidaksehatan sebuah bank. Sikap pesimistis ini didukung oleh kenyataan bahwa setelah diteliti ternyata instrument-instrumen perbankan syariah tidak mempunyai pengaruh besar terhadap penanganan inflasi dan GDP.

Setelah pemaparan dari pihak yang pesimistis, kajian selanjutnya adalah pemaparan dari pihak yang optimis terhadap perkembangan bank syariah oleh sdr. Abdul Wahid. Tidak mau kalah dengan pembicara yang pertama, dalam pemaparannya sdr. Abdul Wahid memberikan suatu bukti sejarah bahwa perbankan syariah pada saat krisis 1999 dapat menjadi sebuah solusi pada saat itu, lantas kenapa kita harus pesimis. Data yang diungkap oleh pembicara kedua adalah BOPO perbankan syariah lebih kecil daripada BOPO perbankan konvensional. Hal ini membuktikan bahwa perbankan syariah itu lebih efisien daripada perbankan konvensional.

Debat antara dua pembicara ini semakin memanas setelah moderator memberikan kesempatan pada audience untuk memberikan komentar. Pada awalnya komentar banyak diajukan untuk sdr. Abdul Wahid yang berarti mulai timbul keraguan dalam benak audience, mungkinkah perbankan syariah akan berkembang dengan pesat pada tahun 2010, melihat data-data yang dipaparkan oleh sdr. Aam Slamet.

“Mengapa tidak” ujar saudara Wahid. Menurut data time saries yang ada menjelaskan bahwa pertumbuhan perbankan syariah searah dengan pertumbuhan GDP. Ketika GDP naik, maka perbankan syariah juga mengalami kenaikan yang signifikan. Sedangkan menurut proyeksi IMF, pertumbuhan ekonomi dunia akan mengalami peningkatan di tahun 2010 yaitu 3,1. Meski pada tahun 2009 mengalami kontraksi yaitu -1,1 akibat krisis global. Selain itu, pada tahun 2010 akan ada pemain baru lagi yang cukup potensial yaitu BNI syariah dan BCA syariah. Belum lagi Perbankan syariah sudah memiliki kepastian hukum dengan disahkannya UU No.21 tahun 2008. Regulasi yang ada pun sudah semakin kondusif. Di antaranya adalah dengan adanya UU No. 42 tahun 2009 tentang PPN, yang akan efektif berlaku pada tanggal 1 April 2010.

Beberapa kritikan-kritikan dilontarkan sdr. Aam terhadap pemaparan sdr. Wahid antara lain, sdr.Wahid tidak menggunakan data-data yang valid dalam pemaparannya. “ Pemaparan sdr Wahid menggunakan ayat dan hadist saja, sehingga tidak dapat diterima oleh kaum non muslim yang tidak percaya dengan Al-quran. Seharusnya saudara juga menggunakan data-data dan analisis-analisis yang ilmiah” ucapnya.

Kajian ditutup dengan kembali pada kaedah ushul fiqh “ maa laa yudriku kulluhu walaa yutraku kulluhu “apa yang tidak dapat dicapai secara keseluruhan bukan berarti harus ditinggalkan seluruhnya”. Saat ini masih banyak kekurangan dalam perbankan syariah, tapi hal ini jangan dijadikan alasan untuk mundur dan mengatakan perbankan syariah sulit untuk ditegakkan. Justru disitulah peran kita sebagai pejuang ekonomi Islam untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. “Bukankah orang optimis itu memandang sebuah kelemahan menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukkan“ ucap sdr. Wahid.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Team Building FJ: Membangun Kesolidan FJ-ers \(^_^)/”

(2009)Di Ahad pagi yang cerah (06/11/2009), para FJ-ers telah bersiap-siap untuk memulai agendanya. Agenda di Ahad pekan pertama Desember ini adalah team building yang dimotori oleh bidang SDI. Subhanallah, walaupun di akhir pekan tetapi para FJ-ers dari seluruh penjuru Jabodetabek tetap bersemangat untuk dapat hadir dalam acara team building di Kebun Raya Bogor. Semoga semangat-semangat ini akan terus hadir dalam kerja-kerja dakwah kita di FJ ini. Amiin. Allahu Akbar!!!

Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh FJ-ers yang telah menyukseskan acara team building ini, khususnya bagi para FJ-ers di bidang SDI yang telah mempersiapkan acara team building sehingga acara team building bisa dilaksanakan setelah sebelumnya team building di undur karena ada beberapa kendala terkait dengan waktu pelaksanaan. Jazakumullahu ahsanal jaza’ FJ-ers, semoga ini menjadi fondasi yang kuat bagi kita dalam menjalankan roda dakwah ini dan menjadi amalan baik sebagai bekal kita di akhirat nanti.

FYI : bahwa team building FJ 2009/2010 dilaksanakan sebagai salah satu sarana mempererat ikatan-ikatan diantara para pengurus FJ, sehingga diharapkan kami akan survive terhadap semua ujian-ujian yang pastinya akan selalu kami (FJ-ers khususnya) hadapi dalam menjalankan roda dakwah ini, karena memang itulah fitrahnya, di setiap fase kehidupan ini ujian akan selalu menghampiri kita untuk melihat sejauh mana derajat ke-imanan kita kepada Allah SWT. Rangkaian acara team building ini layaknya rangkaian acara-acara team building pada umumnya, dimana terdapat sesi game, tukar kado, taushiyah, makan bersama, ta’aruf, dan sebagainya. Pada intinya team building ini dilaksanakan untuk kembali merapatkan barisan dan terus memupuk kesolidan diantara FJ-ers dalam mengemban amanah dakwah ini kedepan, karena didalamnya terdapat “shared vision” dan “shared values” antara para FJ-ers. Disisi lain, ketika melakukan ta’aruf, kita tidak hanya sekedar tahu nama, dari kampus mana, jurusan apa, semester berapa, tetapi kita juga tahu core competence dari para FJ-ers sehingga dengan begitu para FJ-ers bisa melakukan suatu sinergi dalam mengoptimalkan kontribusinya dalam dakwah ini.

Acara demi acara telah dilalui, dan matahari pun telah sampai di ujung barat yang menandakan beberapa jam lagi siang akan berganti malam, maka kami mengakhiri rangkaian acara team building ini dengan doa Rabithah “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu, bertemu untuk ta’at kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru (dakwah di jalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syari’at-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, Ya Allah abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak akan pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma’rifah-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.Amin. Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad, kepada keluarganya, dan kepada semua sahabatnya”. Lalu di lanjutkan beristighfar sebanyak-banyaknya, hamdalah dan doa penutup majlis.

Satu harapan yang terbersit dalam hati ini, dan mungkin di harapkan oleh kita semua (FJ-ers), mudah-mudahan FJ ini bisa menjadi lebih baik dan bisa terus berkontribusi dalam membumikan Ekonomi Islam di muka bumi ini, khususnya di Indonesia tercinta sehingga kesejahteraan hakiki bagi masyarakat ini akan terwujud, karena Harapan itu masih ada. Allahu Akbar!! Allahu Akbar!! Allahu Akbar!!. Wallahu’alam bishawab

…………………………………………………………………………………………..

“Rapat Kerja Regional : Semangat Baru FoSSEI Jabodetabek”

(2009)

Setelah melalui proses yang panjang dalam melengkapi pos-pos kepengurusan FoSSEI Regional Jabodetabek, akhirnya dengan izin Allah SWT pada hari Ahad, 15 November 2009 bertempat di STEI TAZKIA para pengurus FJ bisa mengadakan Rapat Kerja Regional (rakerreg) sebagai bentuk komitmen kami untuk melanjutkan bahtera dakwah ini. Dengan niat tulus hanya untuk meraih ridho  Allah SWT kami berkumpul untuk membahas program kerja yang akan kami jalankan untuk satu periode amanah 2009/2010 dalam mendakwahkan ekonomi Islam ini.

What the vision and mission of FoSSEI Regional Jabodetabek???

Dengan mengharap rahmat Allah SWT, FoSSEI Regional Jabodetabek akan mengusung visi dan misi sebagai berikut :

Visi               :

“Menjadi regional FoSSEI terdepan yang menempatkan FJ sebagai role model bagi sebuah wadah silaturrahim antar KSEI yang produktif dan dapur pembentukan generasi ekonomi yang memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam sistem perekonomian pengembangan dakwah ekonomi Islam Mahasiswa di Indonesia, dalam semangat ukhuwah bernuansa ilmiah”.

Misi     :

1. Membangun opini keilmuan yang mendukung konsep ekonomi islam

2. Menyebarluaskan dakwah dalam bentuk kajian ekonomi islam

3. Menginternalisasikan pola pikir yang terkandung dalam aktivitas perekonomian islam

4. Mengoptimalkan pembinaan ruhiah fikriah dan profesionalitas para pejuang ekonomi islam

5. Mencetak generasi ekonomi syariah yang berkualitas dan berkesinambungan

6. Memperluas dan menjalin ukhuwah melalui kerjasama dengan lembaga yang berpotensial

Dan untuk lebih memberikan karakter bagi kami, maka kami akan mencoba mengusung nilai-nilai berikut dalam setiap kerja-kerja dakwah kami       :

§ Shalih

§ Professional

§ Kontributif

§ Solid

Kabinet FoSSEI Regional Jabodetabek

Berdasarkan hasil mureg dan syuro dewan formatur maka terbentukklah struktur kabinet FoSSEI Jabodetabek sebagai berikut :

Amanah Nama Asal KSEI/Kampus
Koordinator Regional Jabodetabek Ardiansyah Selo Yudha Shine/UI
Sekretaris Regional Jabodetabek Yati Khosyatillah IsEF/STEI SEBI
Bendahara Regional Jabodetabek Noor Azizah LiSENSi/UIN Syarif Hidayatullah
Bidang
Ketua Bidang SDI M.Yaseer BSO-KSEI/UNJ
Ketua Bidang Syiar Fikri Indra Silmy LiSENSi/UIN Syarif Hidayatullah
Ketua Bidang BRR Ridho Syukrillah IsEF/STEI SEBI
Ketua Bidang Danus Arief Setiaji KESPER/YAI
Komisariat
Ko.Komisariat Tangerang Ahmad Dzawil Faza IsEF/STEI SEBI
Ko.Komisariat Depok-JakSel Bayu Nuryanto Shine/UI
Ko.Komisariat JakTim-JakPus Imam Punarko BSO-KSEI/UNJ
Ko.Komisariat Bogor Abdul Wahid Al-Faizin Progres/STEI Tazkia

Program Kerja FoSSEI Regional Jabodetabek 2009/2010

Secara umum dapat disimpulkan bahwa program kerja FoSSEI Regional Jabodetabek 2009/2010 mencakup empat kategori dibawah ini :

A. Program turunan dari FoSSEI Nasional :

  1. Pengiriman delegasi untuk Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional); Temilnas (Temu Ilmiah Nasional); dan Munas (Musyawarah Nasional) FoSSEI
  2. DEI (Diklat Ekonomi Islam)
  3. SET (Sharia Economists Training)
  4. Kamnas (Kampanye Nasional)
  5. Simposium Nasional
  6. FoSSEI Goes to School / Sahabat FoSSEI

B. Program Pengembangan dan Penjagaan KSEI di FJ (Sekretaris, Bendahara, Bidang BRR, Danus, Komisariat):

  1. Sosialisasi, Penjaringan, Pendirian dan Peresmian KSEI baru
  2. FJ menyapa KSEI
  3. Pembuatan Up Date Database KSEI & akreditasi KSEI
  4. Mail list dan media komunikasi maya lainnya
  5. Distribusi Majalah (Ekonomi Islam) Sharing
  6. Buku Syuro Pengurus dan Buku Pengurus (Sekretaris)
  7. Controling iuran Nasional dan Regional, serta investasi Nasional (Bendahara)

C. Program Keilmuan (BRR, Syiar, Komisariat):

  1. Kontroling kajian KSEI
  2. Temilreg
  3. Kajian Regional
  4. Buletin Ekonomi Islam FJ
  5. Studi Comparative dan FGD antar KSEI
  6. Kunjungan ke tokoh & lembaga Ekonomi Islam nasional

D. Program Pengembangan Ukhuwah, Rukhiyah, Fikriyah, dan Jasadiyah (SDI, Komisariat):

  1. Tim building
  2. Taskif
  3. Up Grading
  4. Mabit
  5. Iftor Jama’I
  6. Reuni Akbar FJ dan alumni
  7. Program Non proker : Lembar Mutaba’ah, Peluru Motivasi, dan GrafsRuh
  8. Futsal Bareng

Setelah BPH, masing-masing bidang dan komisariat mempresentasikan prokernya,  lalu dilanjutkan dengan taushiyah oleh Ust.Ali Sakti M.Ec yang subhanallah taushiyah beliau selalu membangkitkan semangat kita untuk terus menjalankan roda dakwah ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan shalat ashar dan pelantikan pengurus FoSSEI Regional Jabodetabek masa amanah 2009/2010 ditandai dengan pembacaan sumpah yang dipimpin langsung oleh Koordinator Regional (Ardiansyah Selo Yudha-red), semoga sumpah ini menjadi suatu pengingat bagi kami para pengurus FJ untuk dapat terus berkomitmen dalam menjalankan amanah ini.

Sebelum acara berakhir ada beberapa informasi yang disampaikan terkait agenda ke depan yaitu tentang agenda tim building dari SDI dan agenda temilreg dari tuan rumah temilreg nanti yaitu Universitas Trisakti. Selain itu akh Fauzul Azmi Zen sebagai Presnas 2 bersama akh Ashbah Pratama sebagai presnas 3 pun menyampaikan hasil Rapimnas kepada peserta temilreg yang terdiri dari para pengurus FJ dan para perwakilan KSEI yang ada di Jabodetabek.

Akhirnya acara pun telah sampai pada penghujung waktu yang kemudian acara ditutup dengan do’a. hmm..tetapi sebelum ditutup masih ada satu presentasi yaitu dari pihak majalah sharing tentang kerjasama majalah sharing dengan FoSSEI. Setelah do’a tutup, para pengurus pun mengabadikan kebersamaan ini dengan berfoto bersama di lobby gedung Abu Yusuf STEI TAZKIA Bogor.

Hanya satu do’a dan harapan kami mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan keteguhan kepada hati-hati kami untuk selalu ikhlas dalam menjalankan amanah ini, semoga semua ini dapat menjadi amalan-amalan yang akan memberatkan timbangan amal kebaikan kami di akhirat nanti. Dan semoga agenda rakerreg ini akan menjadi sebuah semangat baru bagi kami semua untuk tetap berada dalam jalan dakwah ini.Wallahu’alam bishshawab.

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.(QS.Muhammad:7).

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir”.(QS.Al-Baqarah:286).

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

TAMU LIBURAN: FoSSEI REGIONAL JABODETABEK (FJ goes to Pesantren 2009)

13 Juli 2009-Selain dari para wali santri yang sedang mendaftar sekaligus survei bersama anggota keluarga ke Darunnajah Cipining, tamu yang turut mengisi masa liburan akhir tahun di pesantren adalah anak-anak FoSSEI regional Jabodetabek yang berjumlah + 90 orang. Forum yang menyebut diri sebagai ajang silaturahmi dan regenerasi Studi ekonomi Islam oleh para mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kampus (UI, UNJ, IPB, STEI SEBI, STEI TAZKIA, dan UIN Syahid) ini memiliki gawe berupa Sharia Economic Training (SET) pada tanggal 10 s.d. 12 Juli 2009.

Dengan mengusung tema ‘Maksimalkan Diri dan Potensi, Jadilah Ekonom Sejati’, kegiatan dibuka pada hari Jum’at seusai sholat Ashar dengan prakata dari pimpinan pesantren Darunnajah di gedung pertemuan Darunnajah. Dalam kata sambutannya, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc. mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Darunnajah Cipining sebagai tempat training kali ini. Selanjutnya beliau menceritakan sedikit sejarah berdirinya Darunnajah Cipining dengan pendirinya Ustadz Manaf Mukhayyar (alm).

Pemilihan tempat di Darunnajah Cipining karena 2 orang dari panitia adalah pengurus FoSSEI, yaitu Ahmad Dzawil Faza (STEI SEBI) dan Fikri Indra Silmy (UIN Syahid).

Selepas pembukaan, acara kemudian dilanjutkan pada malam harinya hingga 3 hari ke depan. Salah satu kegiatan yang menarik adalah tantangan flying fox yang dilakukan di kampus 2 dengan melintasi danau seluas 0,5 H. Kegiatan ini cukup seru karena membutuhkan keberanian dan kemantapan diri saat melayang.

Setelah 3 hari berselang, kegiatan dari forum bervisi merajut ukhuwah dalam dakwah bernuansa ilmiah ini ditutup secara resmi oleh ketua panitia, Saudara Ardiansyah (UI) dengan juga memberikan apresiasi kepada peserta terbaik khususnya dan peserta keseluruhan yang telah aktif mengikuti kegiatan hingga akhir. Pada kesempatan itu pula, panitia memberikan kenang-kenangan kepada pesantren berupa paket buku ekonomi syariah.

Sumber: http://darunnajah-cipining.com/tamu-liburan-fossei-regional-jabodetabek/

Catatan:
-Momen ini cukup menjadi “sejarah” bagi kelanjutan FJ tahun ini, sebab insya ALLAH, dari (sejumlah) kepanitiaan dan peserta SET inilah “pengurus” kemudian FJ saat ini dibentuk.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: